Review Synthesis Homes

SYNTHESIS HOMES

Proyek ini dikembangkan di atas lahan seluas 4,7 ha yang akan dibangun sebanyak 267 unit rumah dua lantai berdesain kompak, modern, minimalis yang menargetkan pangsa konsumen milenial.

Nama Proyek: Synthesis Homes

  • Alamat: Jalan Purnawarman, Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten
  • Luas Area: 4,7 ha

Tipe Unit Rumah

  • 73/60, harga Rp1,1miliar
  • 91/72, harga Rp1,6miliar

Spesifikasi Teknis

  • Pondasi: Tiang pancang, kolom beton
  • Dinding luar: bata ringan, plester, aci, cat weather shield
  • Dinding dalam: bata ringan, pleseter, aci, cat
  • Lantai: Homogeneous tile 60×60
  • Atap: Baja ringan, genteng beton
  • Plafon: Gypsum board
  • Jendela: Frame alumunium powder coating+kaca
  • Pintu utama: Kayu solid engineering
  • Pintu teras: Frame alumunium powder coating+kaca
  • Air: Sumur pantek
  • Listrik: 2.200-3.500 VA
  • CCTV: 2 titik (ruang tengah dan teras)
  • Internet: Jaringan internet
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes
synthesis-homes

Analisis

Synthesis Homes mungkin menjadi satu-satunya mini real estate yang bisa dikembangkan di kawasan Pisangan, Ciputat karena lokasinya sudah padat sehingga sulit untuk mendapatkan lahan kosong untuk dikembangkan proyek real estat. Dengan segmen harga yang lebih sedikit dari Rp1 miliar, Synthesis Homes ingin meraih pasar yang tadinya mau membeli apartemen namun bila menambah sedikit bisa mendapatkan properti rumah tapak.

Sejak dipasarkan tahap pertama, pengembang mengklaim bahwa penjualannya menembus lebih dari 50 persen dalam waktu singkat. Meski demikian, harga yang di tawarkan belum mengalami kenaikan.

Saat ini penawaran apartemen yang lokasinya lebih jauh dari Jalan Purnawarman sudah di atas Rp300 jutaan. Untuk apartemen terdekat di Pejaten misalnya, harganya juga sudah tembus Rp800 jutaan untuk tipe studio.

Sementara itu untuk bersaing dengan rumah seken di lokasi yang sama, saat ini yang termurah sudah di atas Rp1,5 miliar bahkan di Bali View yang bersebelahan langsung rumah seken yang termurah sudah di atas Rp2 miliar dan kondisinya rumah lama yang sudah berumur 5-10 tahun.

Karena itu dari pembeli di tahap pertama ini banyak dari kalangan yang sudah memiliki keterikatan terkait lokasi yang orangnya tumbuh besar hingga bersekolah di sekitaran wilayah Ciputat. Pembeli juga umumnya memiliki orang tua yang tinggal tidak jauh dari kawasan ini misalnya di daerah Lebak Bulus, Cilandak, Cinere, Pondok Labu, Pasar Jumat, dan beberapa di Pondok Indah.

Melihat tren kecepatan pemasaran proyek ini yang hanya dalam hitungan beberapa bulan dengan tingkat kenaikan harga perdana  ke harga launching mencapai Rp200 jutaan, proyeksi kenaikan harga selanjutnya dari proyek ini akan sangat baik. MRT yang telah membuat kawasan sekitar Lebak Bulus langsung naik nilainya akan terus bertumbuh dengan perkembangan progres proyek infrastruktur jalan tol.

Detail Properti

Gerbang masuk menuju perumahan Synthesis Homes dengan fasad yang di dominasi tanaman rambat dan batu alam yang bernuansa natural.

Gerbang masuk menuju perumahan Synthesis Homes dengan fasad yang di dominasi tanaman rambat dan batu alam yang bernuansa natural.

Synthesis Homes merupakan proyek perumahan terbaru setelah pengembang lebih banyak mengembangkan proyek gedung pencakar langit. Synthesis Homes by Synthesis Development sejatinya akan diluncurkan pada semester kedua tahun 2019 ini.

Namun beroperasinya transportasi modern MRT pada bulan April 2019  membuat proyek ini diluncurkan lebih cepat pada akhir bulan Juli 2019. Perumahan ini di tawarkan demi merespon peningkatan minat akan hunian-hunian yang menawarkan kedekatan dengan sarana transportasi masal.

Selain itu yang juga ikut mengangkat minat pasar adalah lokasi perumahan yang dekat dengan koridor bisnis RA Kartini-TB Simatupang yang dibelah dengan jalan tol JORR Pondok Pinang-Taman Mini.

Proyek ini dikembangkan Synthesis Development dalam tiga fase dan untuk tahap pertama ini dipasarkan sebanyak 97 unit. Rumah yang ditawarkan merupakan rumah dua lantai tipe 73/60 dan 91/72. Dari sisi harga, tipe yang kecil harganya dibuka mulai Rp900 jutaan pada bulan April-Mei dan saat proyek ini diluncurkan akhir Juli harga yang termurah menjadi Rp1,1 miliar (sudah termasuk PPN).

Ulasan Properti Synthesis Homes, Ciputat Timur - 07

Kiri: Kantor Marketing dan lokasi proyek. Kanan: Rumah contoh yang sudah selesai di bangun.

Untuk kawasan perumahannya juga dirancang dengan lansekap green untuk sustainability dan kesehatan seluruh penghuni. Synthesis Homes menyediakan empat taman tematik yang bisa digunakan untuk belajar, berolahraga, maupun bersosialisasi antar sesama penghuni. Empat taman tematik tersebut FunPark, EduPark, GreenPark, dan SportPark.

EduPark misalnya, dilengkapi dengan papan-papan keterangan nama pohon dan lainnya dengan fasitas sambungan internet WiFi. GreenPark dilengkapi dengan barberque area, pedesterian, taman, dan taman bermain anak.

Sementara SportPark menyediakan fasilitas jogging, sepeda, dan sarana kebugaran lainnya. Keseluruhan konsep taman-taman ini untuk mewujudkan suasana hunian seperti bertamasya, olahraga, belajar, maupun mengekspresikan diri.

Ulasan Properti Synthesis Homes, Ciputat Timur - 08

Kiri: Ilustrasi rumah Tipe Paras, rumah tipe kecil yang ada di Synthesis Homes. Kanan: Denah ruang yang ada di Tipe Paras, lengkap dengan tiga kamar tidur dan dua kamar mandi.

Tahap pertama ini lokasinya berada di bagian paling belakang. Namun begitu bukan berarti posisi ini paling buruk karena pengembangan tahap pertama ini juga menyediakan fasilitas club house yang berdekatan dengan perumahan.

Seluruh rumahnya didesain kompak dengan gaya modern minimalis dengan 3-4 kamar tidur. Hal ini membuat setiap penghuni tidak perlu lagi melakukan renovasi rumahnya karena sudah dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan keluarga muda.

Fokus lain proyek yang dibesut Synthesis Development ini menyasar gaya hidup kalangan pekerja muda. Semua kebutuhan sudah digabung dalam kesatuan sistem sehingga berbagai kebutuhan dasar sudah pasti terpenuhi. Misalnya, setiap rumah sudah di sediakan fitur smart home device dengan dua titik kamera CCTV serta automatic switch untuk mengoperasionalkan perangkat lampu dan AC dari gadget. Fitur smart home-nya juga bisa di-upgrade sesuai kebutuhan dengan dukungan jaringan internet kecepatan tinggi di kawasannya.

Ulasan Properti Synthesis Homes, Ciputat Timur - 09

Kiri: Ilustrasi rumah untuk Tipe Candi, tipe yang terbesar. Kanan: Pembagian ruang untuk Tipe Candi dengan empat kamar tidur dan dua kamar mandi.

Mengulas layout interiornya, tipe 73/60 atau Tipe Paras sudah mencakup tiga kamar tidur dengan pembagian satu kamar tidur utama di lantai bawah dan dua kamar anak di lantai dua plus kamar mandi di setiap lantai. Setiap kamar tidurnya memiliki akses bukaan ke area taman karena kendati lahannya terbatas rumah ini masih memadai untuk dibuat taman depan dan belakang.

Tipe 91/72 atau Tipe Candi sudah mencakup empat kamar tidur dengan pembagian satu kamar utama di lantai bawah dan tiga kamar di lantai atas plus dua kamar mandi. Tipe ini memungkinkan ditinggali untuk lintas generasi mulai orang tua, anak, hingga cucu. Kompak namun layout ruang dibuat maksimal untuk menampung seluruh kebutuhan keluarga.

Show unit interior ruang keluarga yang menyatu dengan kitchen set dan ruang makan. Perabot yang ditampilkan hanyalah sebagai ilustrasi tidak termasuk dalam pembelian.

Show unit interior ruang keluarga yang menyatu dengan kitchen set dan ruang makan. Perabot yang ditampilkan hanyalah sebagai ilustrasi tidak termasuk dalam pembelian.

Kemudian desain rumahnya juga sudah menerapkan desain modern yang di optimalkan untuk kenyamanan penghuni. Setiap rumah dirancang memiliki bukaan untuk sirkulasi udara yang lebih optimal dengan penerapan ruang terbuka di bagian depan dan belakang rumah yang menjadikan ruang di dalam rumah lebih lapang, terbuka, luas, dan penghawaan yang sehat dengan sistem sirkulasi yang di maksimalkan sejak tahapan desain.

Fasilitas club house-nya dua lantai dengan sarana yang cukup lengkap dengan kolam renang dewasa dan anak. Ada juga fasilitas sauna untuk perempuan dan laki-laki, indoor gym, outdoor gym, hingga ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk berbagai acara komunitas. Semua fasilitas yang disediakan dirancang cermat untuk digunakan bukan sekadar daya tarik marketing yang sekadar ada namun saat perumahan beroperasi fasilitas ini tidak digunakan.

Ulasan Properti Synthesis Homes, Ciputat Timur - 11

Kiri: kamar tidur utama. Kanan kamar tidur anak yang di desain dengan gaya kontemporer.

Selain fasilitas, kawasan perumahan dari Synthesis Development tersebut dirancang dengan penataan lansekap yang green dengan sistem pembuangan air menggunakan metode deep well injection. Kawasan perumahan memiliki sumur-sumur resapan yang ketika air di sumur resapan meninggi, sistem ini akan menyuntikan air tersebut ke dalam tanah sehingga tidak akan menggenang di permukaan.

Hal ini membuat air tidak menjadi beban saluran di luar kawasan. Keuntungan lain dari metode ini kawasannya menjadi memiliki cadangan air tanah yang lebih baik untuk menjamin suplai air di seluruh kawasan perumahan.

Terkait berbagai sarana yang dibutuhkan oleh penghuni nantinya, dipikirkan juga berbagai sarana maupun fasilitas yang paling diperlukan warga untuk disediakan. Misalnya terkait dengan fasilitas jaringan internet hingga TV berlangganan. Bila diperlukan kebutuhan ini akan diintegrasikan dengan iuran pengelolaan lingkungan (IPL).

Sehingga meskipun iuran IPL lebih mahal namun sudah mencakup bayak pengelolaan: kebersihan, keamanan, perawatan fasilitas lingkungan, hingga jaringan internet dan TV berlangganan.

Begitu juga bila dibutuhkan shuttle untuk ke berbagai lokasi yang dibutuhkan penghuni seperti pasar, sekolah, terminal, dan sebagainya. Wilayah Ciputat maupun Pondok Cabe cukup banyak menyediakan sarana seperti sekolah bertaraf internasional, klinik, rumah sakit, showroom mobil, salon, dan sebagainya yang sekiranya akan dibutuhkan oleh penghuni. Estate managementakan responsif terhadap penyediaan berbagai kebuthan warga nantinya.

Lokasi

Ciputat dan Pondok Cabe merupakan dua kawasan dengan jalan yang tidak terlalu lebar sehingga kemacetan kerap ditemui di hampir setiap waktu. Keberadaan flyover Ciputat sepanjang 1,5km sejak tahun 2008 pun belum cukup mengurai kemacetan di sekitar kawasan.

Dalam beberapa tahun ke depan, akses menuju Ciputat dan Pondok Cabe akan semakin mudah dengan pengembangan proyek infrastruktur jalan. Pondok Cabe akan terkoneksi langsung dengan wilayah Cinere sementara Ciputat terkoneksi dengan Pamulang hingga ke wilayah Serpong.

Pembangunan jalan tol lingkar luar Jakarta (JORR) 2 yang akan saling terkoneksi dengan ruas tol lainnya yang sudah beroperasi maupun yang tengah proses pembangunan. Setelah beroperasi jalan tol Depok-Antasari (Desari) di ruas TB Simatupang-Brigif, pada tahun ini juga akan beroperasi ruas lanjutannya yaitu Brigif-Serpong yang jalur ini melintasi kawasan Pondok Cabe-Ciputat hingga terus ke Serpong.

Dengan aksesibilitas yang membaik, sejumlah pengembang pun tertarik untuk mendirikan proyek perumahan di kawasan ini, salah satunya Synthesis Homes dari pengembang PT Synthesis Development.

Menuju Lokasi

Peta lokasi Synthesis Home dari sejumlah akses jalan yang bisa ditempuh

Peta lokasi Synthesis Home dari sejumlah akses jalan yang bisa ditempuh

Synthesis Homes by Synthesis Develoment lokasinya berada diantara wilayah Ciputat dan Pondok Cabe. Untuk menuju lokasi dari Ciputat via Jalan Kertamukti jaraknya sekitar 1,2km. Sementara jika datang dari koridor Pondok Cabe jaraknya 700 meter sampai di perumahan.

Untuk menuju lokasi ini ada banyak trayek angkutan umum dengan jurusan Kebayoran Lama-Ciputat, Pesanggrahan-Ciputat, Pondok Labu-Ciputat, dan sebagainya. Untuk sarana kereta komuter yang terdekat di Stasiun Sudimara dengan jarak sekitar 6km.

Turun di Kampus Universitas Islam Negeri  (UIN/Jalan Ir. Juanda)  tepat di depan Jalan Kertamukti yang akan tersambung dengan Jalan Purnawarman. Lokasi perumahan dekat dengan Fakultas Kedokteran UIN atau di bersebelahan dengan perumahan Bali View .

Dari Jalan Kertamukti-Purnawarman hingga ke Cirendeu, Pondok Cabe, jalur jalannya sudah sangat ramai dan tersedia berbagai fasilitas komersial seperti mini market hingga fasilitas kuliner.

Selain transportasi umum angkutan kota, yang bisa menjadi andalan pekerja di CBD Jakarta seperti TB Simatupang maupun Sudirman, sudah ada Transjabodetabek dan fasilitas utama MRT. Moda transportasi ini lebih nyaman dan memiliki kepastian waktu dan jarak tempuh.

Bagi pengguna kendaraan pribadi bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sistem park and ride. Kendaraan diparkir di Lebak Bulus dengan pilihan fasilitas parkir MRT maupun di Mal Poins Square atau di Carrefour.

Ulasan Properti Synthesis Homes, Ciputat Timur - 02

Kiri: Stasiun MRT Lebak Bulus. Kanan: Fasilitas park and ride yang ada di MRT Lebak Bulus

Selain itu ada dua terminal yang akan memudahkan kita untuk menjangkau wilayah-wilayah dekat hingga jauh dengan memanfaatkan Terminal Lebak Bulus maupun Terminal Pondok Cabe. Dua terminal ini selain menyediakan rute ke segala penjuru Jakarta juga sebagai akses untuk perjalanan ke luar kota seperti Merak, Sukabumi, Garut, Tasikmalaya, Purwakarta, Bandung, dan sebagainya.

Fasilitas Sekitar: Tidak perlu khawatir soal fasilitas umum karena di sekitar Jalan Kertamukti banyak ditemukan sekolah, rumah sakit dan pusat perbelanjaan yang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sekolah

Hunian yang dekat dari sekolah berkualitas akan memudahkan orang tua muda ketika hendak menyekolahkan buah hatinya. Jakarta Multicultural School adalah satu sekolah yang letaknya dekat dari Synthesis Homes.

Sebagai salah satu sekolah internasional terbaik di Jakarta, JiMS menyediakan pendidikan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA (setara diploma internasional). Jaraknya sekitar 1,5 kilometer dari perumahan.

TK Mumtaza Islamic High School Pisangan (700m) juga menjadi prasekolah favorit beberapa orangtua. Sekolah Islam ini menggunakan kurikulum Cambridge dan Tahfidz Qur’an untuk acuan ajar mengajar. Jadi, setiap anak tidak hanya diperkenalkan oleh kurikulum internasional berbahasa Inggris, namun juga terbiasa memegang Al-Qur’an dari kecil.

Selain Mumtaza, ada pula TK Al Fath Cirendeu (1km). Sekolah dwibahasa berwawasan Islami ini juga menerima pendidikan untuk jenjang SD dan SMP. Untuk SD Al Fath, mereka menyediakan beberapa fasilitas lengkap seperti kolam renang, football field,perpustakaan, ruang komputer.

Sementara itu, SMP Islam Ruhama menjadi sekolah menengah pertama yang terdekat dari rumah (±500 meter). Sekolah yang berdiri sejak tahun 1988 ini sudah tiga kali diakreditasi ulang dengan mendapat kredit A.

Sekolah negeri juga tak kalah dalam hal kualitas pendidikan. Jika ingin anak Anda masuk sekolah negeri, ada beberapa pilihan yang terdekat dari rumah, seperti berikut ini:

  • SD Inpres Pisangan, ±850meter
  • SDN Cirendeu 2, ±850meter
  • SMP 2 Tangerang Selatan, ±1,7 kilometer
  • SMA Negeri 8 Cirendeu, ±1,7 kilometer
Ulasan Properti Synthesis Homes, Ciputat Timur - 03

Kampus UIN Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan adalah salah satu kampus terdekat dari perumahan Synthesis Homes.

Kawasan Pisangan juga dikelilingi oleh sejumlah kampus ternama. Sebut saja Universitas Syarif Hidayatullah (UIN) (1,3 km), Universitas Muhammadiyah Jakarta (2,8km), dan Universitas Terbuka (4,9km). Anda bisa memilih kampus mana yang terbaik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sejumlah pusat perbelanjaan modern juga tersedia di sekitar perumahan Synthesis Homes.

Ulasan Properti Synthesis Homes, Ciputat Timur - 04

Supermarket Superindo Cirendeu yang dilengkapi dengan toko buku Millenia dan kedai kopi Moco (Foto: Jalanjalanenak.com)

Misalnya, kalau ingin belanja bulanan di swalayan modern, pilihan terdekat ialah Superindo Cirendeu. Karena hanya berjarak ±1,8km, maka kurang dari 10 menit Anda bisa sampai disana jika berkendara motor.

Toserba Aneka Buana Cirendeu (2km) juga kerap menjadi pilihan tempat belanja modern dengan harga yang terjangkau.

Lain halnya jika ingin belanja daging dan sayur dengan harga yang terjangkau. Pasar tradisional seperti Pasar Ciputat adalah pilihan yang tepat. Meski jaraknya ±3,3km dari perumahan, namun Anda bisa mendapatkan banyak kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau.

Sementara jika Anda ingin membeli furnitur di ritel Ace Hardware dan Informa, bisa berbelanja ke Living Plaza Ciputat. Pusat perbelanjaan yang baru dibuka bulan September 2017 ini berjarak ±4,2 km dari perumahan.

Keberadaan rumah sakit yang dekat dari hunian juga menjadi nilai tambah bagi sebuah properti. Dalam radius 3 kilometer dari Synthesis Homes ada tiga rumah sakit yang bisa ditemukan.

Pertama adalah RS Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (2,1km). Rumah Sakit yang berawal dari klinik kecil ini terus berkembang dengan tenaga dan peralatan medis yang memadai. Beberapa layanan utamanya antara lain Klinik Lutut & Panggul, Bedah Digestif, Klinik Obesitas, Urologi, Jantung, Gigi dan Konsultan Pencernaan Anak. 

Setelah itu, ada RS Hermina Ciputat (1,6km) yang awalnya merupakan Rumah sakit ibu dan anak. Rumah sakit Hermina menjadi RS bersalin yang populer di kawasan Tangerang Selatan. Salah satu dokter kandungan yang mendapat rekomendasi dari pasien adalah dr. Riyana Kadarsari, Sp.OG

Jika ingin berolahraga di klub resmi, Anda juga bisa mendaftarkan diri ke International Sports Club of Indonesia (ISCI) yang berjarak 3,1 kilometer dari hunian. Hanya dalam waktu 20 menit Anda bisa tiba dengan berkendara motor.

Ulasan Properti Synthesis Homes, Ciputat Timur - 05

Pulau Situ Gintung menawarkan suasana hutan yang hijau dan teduh untuk acara keluarga di akhir pekan (Foto: Situgintung.com)

Di akhir pekan, adalah waktu yang menyenangkan untuk rekreasi bersama keluarga. Kalau ingin berwisata air sembari piknik bersama keluarga, Pulau Situ Gintunghanya berjarak 1,7 kilometer dari perumahan. Di dalam objek wisata seluas 3 hektar ini, Anda bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti outboundpaintball dan berenang.

Setelah rekreasi, tak lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner yang populer di sekitar Ciputat. Untungnya, di dekat perumahan ada Taman Kuliner Cirendeu (TKC) yang berjarak hanya 450meter dari Synthesis Homes. Pujasera ini menawarkan banyak pilihan jenis makanan seperti sate Maranggi, masakan Manado, nasi uduk pecel lele/ayam, seafood, berbagai jenis soto dan makanan Jepang.

Ringkasan

Masih bingung mau beli rumah seken atau baru? Simak perbandingannya berikut ini!

Pada situasi bisnis properti yang tengah lesu untuk kurun waktu beberapa tahun terakhir, penjualan produk properti jenis rumah tapak khususnya yang menyasar pengguna (end user) selalu menjadi andalan pengembang untuk mendapatkan cashflow guna memutar roda perusahaan. Terlebih saat penjualan proyek apartemen juga ikut lesu karena kerap dijadikan instrumen investasi dan pasar sudah terlalu jenuh untuk jenis produk yang seperti ini.

Pada akhirnya produk apartemen kerap terlambat dan meleset dari jadwal bahkan beberapa ada yang tertunda sehingga membuat konsumen menjadi lebih selektif untuk mengakuisisi jenis properti ini. Berbeda dengan rumah tapak yang pasarnya selalu tersedia karena memang kebutuhan kita sangat besar untuk jenis segmen ini.

Karena itu melihat lokasi, fasilitas, konsep pengembangan, serta segmen harga yang disasar, bisa jadi ke depan akan sangat sulit untuk mendapatkan produk sejenis ini. Wilayah Ciputat maupun Pondok Cabe merupakann lokasi yang produk  propertinya dibeli mayoritas untuk dihuni sendiri sehingga kondisi pasarnya lebih riil dibandingkann produk-produk properti untuk instrumen investasi. Hal ini akhirnya membuat tingkat kenaikan harga maupun aktivitas transaksi jual-beli di wilayah ini juga riil dan sesuai dengan nilai pasarnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *